Berita

Dinas Perhubungan Gelar Operasi Gabungan PPNS Lanjutan Di Kab Bantul

Rabu Wage, 24 Mei 2017 11:01 WIB 1535

foto
Kepala Dinas Perhubungan Kab Bantul Aris Suharyanta, S.Sos, MM memimpin langsung operasi PPNS

Bantul- Dinas Perhubungan Kab Bantul bersama Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kembali Operasi Gabungan PPNS terhadap angkutan barang dan penumpang, Rabu 24/05/2017. Kepala Dinas Perhubungan Kab Bantul Aris Suharyanta, S.Sos, MM pada Operasi PPNS kali ini turun langsung untuk memimpin pemeriksaan kendaraan angkutan barang maupun orang. Intensifnya operasi PPNS ini bertujuan  untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan kendaraan tidak layak beroperasi.

Operasi Gabungan dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Perhubungan Bantul, Satlantas Polres Bantul, Kodim Bantul, Korwas PPNS Polda DIY, Sat Pol PP. Lokasi Operasi pada hari ini berada di Jalur Pajangan tepatnya di Lapangan Triwidari Pajangan Sedayu Bantul. sasaran operasi gabungan kali ini ditujukan terhadap kendaraan bermotor roda dua dan empat serta angkutan barang dan penumpang sesuai rencana umum keselamatan nasional. 

Operasi Gabungan ini tidak hanya mengecek kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK. Operasi gabungan ini juga memeriksa kir kendaraan, kondisi kendaraan dan tata cara pemuatan barang. Dari hasil operasi yang dilakukan, banyak pengendara yang masih melanggar aturan seperti tidak bisa menunjukan SIM atau STNK selain itu untuk kendaraan angkut baik angkutan barang maupun angkutan orang yang juga kedapatan melanggar aturan. Pelanggaran yang umumnya terdapat pada kendaraan angkutan barang maupun orang yakni terkait masalah dimensi kendaraan yakni adanya tambahan bagian Bak samping kiri, kanan dan belakang, Kapasitas angkut melebihi semestinya, dan buku uji (KIR) yang sudah lewat masa berlaku .  Pada operasi gabungan ini pelanggar kan dikenai tilang dan diharuskan mengikuti persidangan tak terkecuali buku kir yang mati juga diajukan ke proses persidangan dan harus melengkapi kekurangannya dengan mengurus uji kir baru.