Berita

Studi Banding Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Barat

Selasa Legi, 31 Mei 2016 08:58 WIB 2022

foto

Bantul, 26 Mei 2016 Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul kedatangan tamu dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Perwakilan rombongan dari Kabupaten Kotawaringin Barat tersebut disambut oleh Kepala Seksi Telekomunikasi dan Informatika Dinas Perhubungan Bantul. Kedatangan beliau pada kesempatan kali ini adalah untuk mencari informasi mengenai cellplan dan retribusi menara. Informasi mengenai cellplan dan retribusi menara telekomunikasi di Kabupaten Bantul ini nantinya akan digunakan sebagai pembelajaran dalam pengawasan dan pengendalian menara di Kabupaten Kotawaringin Barat, sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam diskusi di ruang rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul.

Kepala Seksi Telkominfo (Bapak Sapto Wijanarko,S.E) menjelaskan bahwa cellplan di Kabupaten Bantul dibatasi oleh zona yang masing-masing zona mempunyai radius 400 m. Sedangkan mengenai retribusi menara, Kepala Seksi Telkominfo menjelaskan bahwa retribusi menara tahun 2016 yaitu Peraturan Daerah mengenai Retribusi Jasa Umum yang di dalamnya memuat tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi telah disahkan dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum. Pada kondisi saat ini Dinas Prhubungan Kabupaten Bantul masih membuat materi untuk dijadikan Peraturan Bupati mengenai petunjuk pelaksanaan pemungutan retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Kepala Seksi Telkominfo dengan ramah menyambut kedatangan rekan-rekan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Barat dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas kemauan untuk belajar bersama mengenai pengendalian dan pengawasan menara. Studi banding ini adalah sarana untuk berbagi wawasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tupoksi Dinas Perhubungan, khususnya mengenai menara telekomunikasi sehingga ke depan Dinas Perhubungan akan selalu mengalami kemajuan dari segala aspek.