Berita

Sosialisasi Prosedur Pembangunan Menara Telekomunikasi Baru Kepada Seluruh Camat di Kabupaten Bantul

Kamis Pahing, 12 Februari 2015 11:01 WIB 2008

foto
Paparan Prosedur Pembangunan Menara Telekomunikasi Oleh Ibu Kasi Telekomunikasi dan Informatika Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul

Sosialisasi Prosedur Pembangunan Menara Telekomunikasi

Hari Kamis 5 Februari 2015 bertempat di Ruang Rapat Dinas Perhubungan telah dilaksanakan Sosialisasi Prosedur Pembangunan Menara Telekomunikasi di Wilayah Kabupaten Bantul. Sosialisasi ditujukan kepada para camat seluruh Kab. Bantul, hadir pada kesempatan ini selain dari Tim Pengendalian Pembangunan Menara Telekomunikasi juga dihadiri oleh Camat dan perwakilan Kecamatan.

Sebagai pembuka acara Kepala Dinas Perhubungan Drs. SUWITO menyampaikan tentang sistem prosedur baru jika pemilik menara akan mendirikan menara di Kabupaten Bantul. Berpedoman pada Perda Nomor 20 tahun 1011 tentang Penataan dan Pengendalian Menara Teelkomuniasi Bersama, Perbup no 37 tahun 2011 tentang Bangunan Bukan Gedung dan Perbup no. 34 tahun 2014 perubahan ketiga atas perbub no.61 tahun 2011 tentang Zona Penempatan Menara Telekomunikasi, langkah awal pemilik menara adalah harus mendapatkan Surat Pengantar dari Dinas Perhubungan Bantul.

Surat Pengantar ini untuk pegangan pemilik menara bergerak di desa dan di kecamatan, apabila Kepala Desa dan Camat telah memberikan persetujuan maka setelah dilakukan peninjauan lokasi oleh Tim, Dinas Perhubungan akan mengeluarkan Rekomendasi Cellplan.

Rekomendasi Cellplan dari Dinas Perhubungan sebagai dasar pemilik menara mengurus ijin ijin dari BPN, DPU dan Dinas Perijinan.

Sedangkan Kabid KTSP SINGGIH RIYADI SE,MM. menambahkan, saat ini di Kabupaten Bantul telah memiliki zona sebanyak 190 yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Bantul. Kandidat titik koordinat menara yang akan didirikan harus berada pada zona zona ini dalam radius 400m.

Adapun tambahan dari Kasi Telkominfo Betty Hermawati SE berupa presentasi yang membahas tentang cara pengecekan kandidat menara melalui sistem telekomunikasi yang telah ada di Dinas Perhubungan melalui website resmi Dinas Perhubungan.

Banyak pertanyaan dari camat maupun wakil kecamatan yang disampaikan pada kesempatan ini dan semuanya telah dijawab oleh Tim.