Berita

Kini Pengujian Kendaraan Bermotor Punya Robot Penguji

Selasa Wage, 20 Oktober 2020 14:20 WIB 77

foto
Kini Pengujian Kendaraan Bermotor Punya Robot Penguji

Bantul- Pengujian kendaraan bermotor disebut juga uji kir adalah serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian-bagian kedaran bermotor dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan. Salah satu pengujian kendaraan bermotor yaitu uji kerangka kendaraan, dimana petugas memeriksa rangka bawah kendaraan satu persatu untuk memastikan kelayakan kendaraan.n.

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul kini memiliki robot yang dapat memeriksa rangka kendaraan yang diberi nama ROJIKO HUBBA (Robot Uji Kolong Perhubungan Bantul). ROJIKO HUBBA ini merupakan hasil karya petugas penguji yaitu Sutrisno, A. Ma.PKB yang dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas. 

Singgih RIyadi, SE., MM kepala bidang Teknik Sarana dan Prasarana dan juga sebagai project leader ROJIKO HUBBA mengatakan bahwa robot ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu inovasi yang sangat berguna khususnya pada pengujian kendaraan bermotor. adapun keunggulan dari robot ini adalah memudahkan petugas dalam memeriksa kendaraan khususnya uji kolong kendaraan, bagi petugas tidak perlu lagi turun ke bawah kendaraan untuk memeriksa ranggka sehingga mengurangi resiko kecelakaan kerja pada petugas, adanya dokumentasi berupa video, efisen, dan lebih transparan.

Lihat Juga: Robot Pintar Uji Kendaraan Bermotor