Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 104890
  • Online: 1
  • Hari ini: 39

Dinas Perhubungan mengikuti Sosialisasi SKKNI

BERITA – Jumat, 13 Jul 2012 08:04 WIB

FotoDinas Perhubungan diwakili oleh Kasi Telekomunikasi dan Informatika Betty Hermawati, mengikuti Sosialisasi Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di The Rich Hotel Jogja yang diselenggarakan pada tanggal 9-10 Juli 2012 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mempertemukan para pemangku kepentingan dalam rangka mensosialisasikan SKKNI bidang TIK serta arti penting sertifikasi TIK bagi peningkatan daya saing dan perlindungan tenaga kerja TIK di Indonesia. Juga untuk tujuan pertukaran pemikiran, gagasan pengalaman dalam pengembangan SDM TIK

Bidang TIK yang berkembang sangat cepat di Indonesia, menghasilkan tenaga tenaga profesi di bidang TIK yang meningkat pula sejalan dengan meluasnya lapangan kerja baru yang diciptakan oleh pengembang TIK. Hal ini memerlukan upaya upaya pengembangan SDM agar lebih kompeten dan professional, karena sapai saat ini Indonesia masih menghadapi berbagai masalah ketenagakerjaan. Salah satunya adalah kesenjangan kompetensi SDM lulusan lembaga pendidikan dan pelatihan dengan kebutuhan industri.

Kesenjangan inilah yang membuat pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan standarisasi profesi kerja melalui Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merupakan pedoman mengenai pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang harus dimiliki seorang pelaku profesi ketiakan melakukan pekerjaannya secara nasional dan diakui oleh para pemangku kepentingan di bidang profesi tersebut.
Tahun 2012 ini Kominfo telah menetapkan 8 SKKNI dari total 40 standar kompetensi yang diharapkan dapat selesai th 2014.
8 SKKNI tersebut adalah bidang keahlian/ketrampilan teknisi telekomunikasi satelit, Multimedia, Programer computer, Keamanan informasi, Jaringan computer dan system administrasi, computer technical support, operator komputer dan kehumasan.
5 RSKKNI masih dalam proses pengesahan (Periklanan, Manajemen Layanan Tek informasi, Teknisi Instalasi Fiber optic, Programer computer/updating, keamanan informasi/updating dan 2 RSKKNI dalam proses penyusunan. (Bt)