Berita

Dishub Bantul Siagakan Personil Dalam Penanggulangan Cuaca Buruk

Rabu Pon, 29 November 2017 14:44 WIB 432

foto
Personil Dishub saat melakukan pengkondisian LPJU yang roboh akibat cuaca buruk

Bantul- Bupati Bantul Drs. H Suharsono hari ini Selasa, 29/11/2017 menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Bantul. Penetapan status tanggap Darurat Bencana Kabupaten Bantul ini sampai dengan 12 Desember. Peningkatan status ini diambil setelah terjadi bencana banjir, longsor, pohon tumbang yang diakibatkan karena cuaca buruk yang terjadi hampir seluruh wilayah kabupaten di Yogyakarta.

Akibat dari cuaca buruk yang menimpa Yogyakarta khususnya di wilayah Bantul, sejak Selasa ,28/11/2017, sekitar 167 titik bencana di seluruh Bantul. Akibatnya ribuan warga terpaksa harus dipindahkan ke tempat pengungsian. Sedangkan untuk fasilitas umum yang rusak akibat cuaca buruk ini fasilitas umum seperti jalan, jembatan, Penerangan Jalan Umum, APILL dst. 

Setelah penetapan status tanggap darurat bencana, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul menerjunkan personil untuk melakukan pengkondisian arus lalulintas yang dikirianya membahayakan masyarakat akibat dari cuaca yang terjadi sampai sekarang misalnya penutupan jembatan Pijenan. Selain melakukan pengkondisian arus lalulintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul juga mengirimkan personil untuk mengkondisikan alat pendukung lalulintas serta Penerangan Jalan Umum yang rusak.

Kepala Dinas Perhubungan Aris Suharyanta, S. Sos, MM mengatakan "Kami telah mengirimkan personil untuk membantu masyarakat yang terkena dampak cuaca buruk ini, khusus untuk alat pendukung lalulintas seperti LPJU, rambu, Guard rail yang mengalami kerusakan sampai saat ini telah kami kondisikan." Aris juga menambahkan, penanggulangan bencana jadi tanggung jawab bersama termasuk Dishub Bantul.